Anugerah Terindah

Saturday, June 21, 2008

Setengah Tahun ASI EKSKLUSIF

Bismillahirrohmanirrokhim

Alhamdulillah, gak terasa hari ini sudah 6 bulan usia Rafif. Dan hari ini juga saya telah menyelesaikan tugas saya untuk memberikan ASI EKSKLUSIF buat Rafif, Rafif telah lulus S1 (sarjana ASIX). Ya, bener2 ASI saja yang dia asup. Berbahagia sekali, alhamdulillah asi sayapun lancar, hampir tidak ada hambatan bagi saya untuk memberikannya kepada Rafif, karena setiap waktu saya selalu bersama Rafif, hampir dikatakan bisa setiap menit saya menemaninya sepanjang hari. ASI yang merupakan sumber makanan terpenting, sumber gizi terbaik dan juga sumber kehidupan satu-satunya bagi bayi di bulan-bulan pertama dari kelahirannya. ASI merupakan sumber makanan yang sempurna karena kandungan zat gizinya yang paling lengkap. ASI mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, enzim-enzim, gas serta vitamin A, C dan D dalam jumlah memadai, juga mengandung zat-zat atau cairan hidup, seperti hormon pertumbuhan,enzim penyerapan, serta antibodi. Semua zat hidup ini tak ada dalam susu formula, karena susu formula adalah cairan mati.
Mudah2an bisa memberikan ASI kepada Rafif hingga usia 2 tahun.

Subhanallah, alhamdulillah... puji syukur yang tak terhingga hanya kehadirat ALLAH Subhanahu wata'ala atas semua nikmat dan anugerah terindah yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan keluarga kami. Atas karunia anak2 yang begitu mengesankan, membanggakan dan juga membuat kami semakin takjub atas kebesaranMu. Begitu cepat perkembangan si kecilku, membuatku semakin bersyukur kehadiratMu. Lalu nikmat apalagi yang bisa kita pungkiri...?

Beberapa foto Rafif diusianya 6 bulan dan juga kepandaiannya

Hari ini, di usia 6 bulan, sudah lihai duduk sendiri setelah berguling2

Bisa duduk sendiri



Diusianya 5 bulan 1 minggu bisa mundur, sekarang diusia 6 bulan sudah bisa maju



Tingkah Rafif, sembunyi dibalik kelambu setelah terjatuh dari kasur, lihat sekarang hobinya mainan bibir, bisa dibentuk macem2, lucu banget.... jadi makin gemes sama anak lanangku

Sebagian dari perkembangan Rafif, selain dah bisa panggil "mama" saat nangis dan juga maem, maem. Insyaallah semuanya karena ASI yang penuh vitamin dan gizi.

Berikut sekilas cuplikan pentingnya ASI menurut pandangan Islam.

Susu terbaik bagi seorang anak adalah Air Susu Ibu, mengalahkan susu termahal sekalipun. Karena disaat ibu menyusui bayinya, terjadilah kontak cinta dan kasih sayang antara ibu dan anak, sehingga bayi akan merasakan tenang dan aman.
Ibu adalah orang yang paling mampu memberikan cinta, kasih sayang dan kehangatan yang sesungguhnya sangat didambakan bayi sejak kelahirannya, dengan naluri keibuannya yang diberikan Allah kepadanya.

Riwayat-riwayat Ahlul Bait a.s. dan wejangan-wejangan yang mereka berikan kepada umat Islam banyak menekankan keutamaan air susu ibu bagi anak. Imam Amirul Mu’minin Ali a.s. berkata,
ما من لبن يرضع به الصبي أعظم بركة عليه من لبن أمّه
Artinya: Tidak ada air susu yang lebih berbarakah bagi anak bayi dari air susu ibunya sendiri.

Riset ilmiah telah membuktikan bahwa ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Selain itu, dengan menyusui anak akan merasa aman dan tenang berada di dalam pelukan ibunya. Pada saat-saat ketika praktek menyusui tidak mungkin dilakukan karena sedikitnya air susu ibu, atau karena ibu sedang sakit, atau ketiadaan ibu karena bercerai atau meninggal dunia, Ahlul Bait memerintahkan untuk memilih ibu susu yang memiliki kriteria tertentu.

Baik air susu maupun ibu yang menyusui berpengaruh pada perkembangan jasmani dan ruhani anak. Riset ilmiah yang dilakukan oleh para ahli pun membenarkan hal tersebut.

Para pakar psikologi menekankan agar para ibu hendaknya dalam keadaan yang tenang saat menyusui, lalu menyentuh kening anaknya dengan lembut. Selain itu mereka menyebutkan bahwa ibu tidak boleh memaksa anaknya untuk menghadap ke payudaranya, karena dikhawatirkan hal itu akan mengejutkan dan membingungkan anak.

Dalam konsep yang diajarkan oleh Ahlul Bait a.s. disebutkan juga tata cara dan masa menyusui. Mereka menegaskan bahwa cara menyusui anak adalah dengan memberikan kedua payudara ibu ke pada anak secara bergantian dan masa menyusui hendaknya tidak kurang dari dua puluh satu bulan.

Imam Ja’far Shadiq a.s. kepada Ummu Ishaq binti Sulaiman mengatakan,
يا أم إسحاق لا ترضعيه من ثدي واحد وأرضعيه من كليهما يكون أحدهما طعاما والآخر شرابا
Artinya: Wahai Ummu Ishaq, jangan kau susui anak dengan satu payudara saja. Susuilah dari keduanya secara bergantian karena salah satu payudara mengeluarkan makanan bagi anak dan lainnya mengeluarkan minuman untuknya.

Dalam riwayat lain beliau juga mengatakan,
الرضاع واحد وعشرون شهرا فما نقص فهو جور على الصبي
Artinya: Masa menyusui adalah dua puluh satu bulan. Jika kurang dari masa ini berarti anak tersebut telah dizalimi haknya.

Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman, yang artinya:
"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan." [Al-Baqarah:223]

Masa yang cukup panjang ini sangat baik bagi per-kembangan mental dan psikis anak karena masa menyusu adalah masa yang sangat sensitif bagi anak dan masa yang membentuk kepribadiannya. Saat sang ibu mendekapnya, ia akan merasakan cinta dan kehangatan.

Mengenai hal ini Profesor Louis Cablan menegaskan, “Anak yang mendapatkan curahan kasih sayang yang cukup dari ibu pada tahun pertama dan kedua dari usianya akan selalu merasa aman. Pada umumnya anak seperti ini tidak akan merasa gelisah atau takut. Dengan mudah ia dapat beradaptasi saat menginjak usia tiga- empat tahun. Anak yang selalu merasa aman memiliki kestabilan mental dan mudah bergaul dengan siapa saja dan bergabung dengan anak-anak seusianya”.

Salah satu hal yang penting bagi anak di masa-masa seperti ini adalah nyanyian anak-anak, karena hal itu sangat membantu mempercepat kemampuan berbahasa dan perkembangan mentalnya di masa mendatang. Fathimah Zahra, putri kesayangan Rasulullah SAW, sering membawakan nyanyian berikut ini untuk anaknya Al-Hasan.

Wahai Hasan, contohlah ayahmu Ali
Uraikan tali yang membelenggu agama Ilahi
Sembahlah Tuhan Yang Maha Pemberi
Jangan kau turuti kaum pendengki
Untuk anaknya Al-Husain, beliau bersenandung,
Kau mirip ayahku, Nabi
Dan tak mirip ayahmu, Ali

Ahlul Bait a.s. sangat menekankan pentingnya menjalin hubungan cinta dan kasih sayang antara ayah dan ibu dan menghindari segala sesuatu yang dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap kestabilan emosional keduanya secara khusus karena kondisi mental dan emosional mereka berhubungan langsung dengan kejiwaan anak di masa menyusui. Ahlul Bait a.s. sering berpesan untuk memperhatikan menu makanan ibu yang sedang menyusui karena kuantitas dan kualitas air susu bergantung kepada makanan yang ia makan. Dalam banyak hadis disebutkan bahwa kurma adalah makanan terbaik bagi ibu menyusui. Rasulullah SAW bersabda,
ليكن أوّل ما تأكل النفساء الرطب
Artinya: Makanan pertama yang paling baik dimakan oleh wanita yang baru melahirkan adalah kurma ruthab.

Lalu ada yang bertanya, “Ya Rasulullah, kalau belum datang musim ruthab?” Beliau menjawab,
سبع تمرات من تمر المدينة فإن لم يكن فسبع تمرات من تمر أمصاركم
Artinya: Tujuh butir kurma Medinah. Jika tidak ada, tujuh butir kurma negeri kalian sendiri.

Imam Ja’far Shadiq a.s. menganjurkan untuk memakan satu jenis kurma, yaitu kurma Barni. Beliau mengatakan,
اطعموا البرني نسائكم في نفاسهن تحلم أولادكم
Artinya: Berilah isteri kalian yang baru melahirkan kurma Barni karena dapat membuat anak kalian berhati lembut.

Riwayat yang lain menyebutkan bahwa beliau berkata,
اطعموا نسائكم التمر البرني في نفاسهن تجمّلوا أولادكم
Artinya: Berilah isteri kalian yang baru melahirkan kurma Barni karena dapat mempercantik paras anak kalian.

Ahlul Bait a.s. dalam banyak riwayat menyebutkan daftar makanan yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan.Di antaranya adalah roti untuk mencegah datangnya penyakit, bubur gandum untuk menumbuhkan daging, menguatkan tulang dan memudahkan percernaan, bubur kacang adas untuk menurunkan darah tinggi dan mengurangi temperatur badan, daging untuk mengurangi rasa amarah, bubur daging untuk menyegarkan badan dan membuatnya penuh energi, buah zaitun untuk mengeluarkan angin dari tubuh, anggur untuk mengurangi amarah, dan buah pir untuk menguatkan jantung.

Selain itu Ahlul Bait a.s. menekankan pentingnya madu, telur, susu, dan semua jenis buah-buahan. Semua faedah yang dihasilkan makanan-makanan di atas juga akan didapatkan oleh bayi melalui air susu yang ia minum.

Kesimpulan dari uraian di atas adalah sebagai berikut.
Pertama, anak harus mendapatkan air susu ibunya. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, dianjurkan untuk mencari ibu susu mukmin dan sehat lahir batin. Namun bila ibu susu dengan kriteria tersebut tidak didapatkan, kita diperbolehkan untuk mengambil ibu susu yang tidak beragama agama Islam dengan syarat melarangnya meminum minuman keras dan memakan atau meminum segala sesuatu yang dapat membahayakan keselamatan anak.
Kedua, kestabilan mental dan emosional ibu dan kesehatan jasmaninya haruslah diperhatikan. Selain itu, untuk mendapatkan air susu dalam jumlah yang banyak dan berkualitas tinggi, dianjurkan agar ibu memakan makanan yang mengandung banyak gizi karena hal itu sangat penting untuk pertumbuhan fisik dan psikis anak.




Senengnya kalau dah dilepas bajunya, pertanda mau dimandiin...



Seneng banget lihat buku, bolak balik sendiri dah bisa lho...apalagi untuk nyobek dah mahir banget... tuh satu lagi, lagi dipakein topi (tempat apel) oleh kakaknya

Buat Ibu-ibu, sebenarnya banyak sekali keistimewaan menyusui itu, satu diantaranya apabila telah lahir anak lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu tegukan dari susunya diberi satu kebajikan. Jangan ragu tuk memberikan ASI tuk anak kita ya, gak usah takut akan bentuk fisik kita yang tidak secantik dulu. Insyaallah dengan memberikan ASI kepada kita anak akan tumbuh sehat, kuat, cerdas dan juga kebal dari berbagai penyakit. Dan juga interaksi ibu-bayi dan kandungan nilai gizi ASI sangat dibutuhkan untuk perkembangan system syaraf otak yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

Ayoo kampanyekan manfaat ASI bagi bayi kita....


Alhamdulillah

Ditulis saat diriku tak bisa tidur dan anak2 dan suami dah pada pulas, sementara hujan diluar yang sudah seminggu gak berhenti2, namun alhamdulillah banjir dah berlalu.

Untuk adikku, selamat menikmati foto2 keponakanmu dan mana nih kiriman fotonya adik Key terbaru, eyang putri di kediri meniko ingkang wayah, dah makin besar.


sumber dari sini.

Thursday, June 19, 2008

Banjir...

Ya, pagi ini Saga banjir. Menurut berita di TV hampir seluruh kepulauan Kyushu, tergenang air. Air selokan, eh kali-kali meluap kejalanan, jalanan jadi macet, jalan menuju ke Saga Daigakupun ditutup, karena banjirnya hampir selutut orang dewasa (secara jalan ini emang agak rendah dibanding jalanan pada umumnya). Dikabarkan kalau debit air di sungai juga meningkat sekitar 82 cm. Gak tinggi-tinggi banget sih, di samping rumah cuma selutut suami, kalau di depan rumah paling 30 cm-an (tempatnya lebih rendah dari jalan raya). Tapi ya namanya lama banget gak ngalamin ini, jadi natsukashi...kangen ngalamin kena banjir ehehhehe...

Jalan depan rumah jadi macet, saat ku buka jendela, ojiisan sebelah rumah dari pagi dah sibuk bersihkan teras rumah, sambil ngomel2, baru pertama kali ini banjir seperti ini, padahal hujan cuma sebentar. ya... taihen neee... Ya, akhir2 ini Jepang sering gempa dan banjir dimana-mana, dan yang barusan di Kagoshima yang banyak menimbulkan korban harta banda maupun nyawa.

Sepertinya ini juga merupakan salah satu contoh nyata dari efek langsung dari pemanasan global, yang menurut kabar kepulauan Es yang ada di kutub sudah mencair, hingga membelah kepulauan hingga beratus2 kilometer.

Jadi keinget pertanyaaan nihon go sensei beberapa waktu lalu. Kenapa di beberapa tempat di Indonesia, setiap tahunnya banjir ?. Ya... sebenarnya pertanyaan yang sedikit menyudutkan, tapi harus saya jawab. Jawaban saya, kurang lebih seperti ini, di INdonesia, hujan terus menerus dan hujannya lebat sekali, hujan tiada henti, kadang 3 hari hujan terus bahkan kadang hingga seminggu hujan terus menerus tiada henti, jadi air sudah tidak bisa tertampung, jadilah banjir. Setiap waktu sebenarnya pemerintah sudah berupaya membangun saluran air yang bagus, tapi kenyataannya air masih juga belum tertampung semua, karena derasnya hujan, kouzui (banjir akibat curah hujan tinggi).
Saya juga tidak tahu, kenapa hujan di Jepang juga singkat dan rata-rata tidak deras.
Sensei termangu2..o, begitu ya... kasihan ya hujannya gak berhenti2, kasihan orang2nya, gak bisa kemana2.
hee... jangan salah sensei... orang INdonesia dilawan, biar hujan, aktifitas tetep...kan ada payung... malah penghasilan jadi naik, ada persewaan payung juga... tambah makin manggut2...

Di depan rumah, Safa harus digendong tuk bisa keluar dari halaman yang terendam air


Sepedapun terendam, sawah samping rumahpun jadi kolam

Begitu kurang lebih percapan singkat dengan sensei. nah, sekarang kejadian, disini hujan cuman semalem (sekitar jam 2 hingga pagi kurleb jam 8-an) saja sudah terendam gini, apalagi mau hujan seminggu gak ada hentinya....?
Sampai saat ini hujan masih berlangsung, walaupun gak deras tapi tampaknya air dah mulai masuk di teras samping rumah.

Hujan saat ini sepertinya akan berlangsung lama, karena cuaca sudah mulai tidak bersahabat, Sudah panas banget, orang sini biasa nyebut jime jime gitu... apa ya... bahasa jawanya pliket...pokoknya serasa ada keringet terus gitu di kulit. Sepertinya musim panas akan segera tiba... ya... hujan yang menandai setiap pergantian musim. natsu ga kita... musim panas telah datang...

Ya Robb, lindungilah kami, keluarga kami, suami, orang tua, anak-anak kami dan saudara2 kami dari segala macam marabahaya dan bencana. Amin.

Wednesday, June 11, 2008

Saatnya Bangun

Assalamu alaikum ...

Semuanya kembali ceria, tersenyum dan mencoba meraih segala impian dan angan bersama keluarga tercinta. Terus optimis dan semangat menatap masa depan. Memulai menata kembali hati yang telah lama asyik terlenakan dan terbuaikan dengan berbagai kenikmatan. Mengisi kekosongan hati tuk sebuah kepastian. Optimis dan yakin dengan segala niat yang telah terangkai indah dalam sanubari. Menatap hari esok yang lebih ceria, ceria dan selalu lebih ceria.

Setelah sekian waktu tinggal di negerinya Oshin, jujur... suatu waktu pasti akan mengalami suatu kejenuhan yang luar biasa hebatnya, bisa dikatakan sebagai puncak dari segala kejenuhan dari segala aktifitas yang monotan. Dimana disaat-saat seperti itu, semua organ tubuh seakan sudah tidak dapat lagi diajak kompromi tuk berfikir atau bahkan mengerjakan sesuatu. Ya... sudah sampai pada titik kulminasi yang sangat sulit dihindari, dimana saat-saat seperti itu membuat semuanya menjadi tidak nyaman. Namun semuanya tidak boleh terlalu lama larut dalam pikiran dan diri kita, terlalu lama bersarang akan membuang-buang energi saja, segera ambil air suci, menghadap keribaannya, ceritan semuanya, tumpahkan uneg2 dan keinginan, adukan semua yang ada, menangis, menangisss, dan menangislah dan segera mohon ampunlah kepadaNya. Harus Bangkit. Dan obatnya obat hati, dimana dijual ? gak ada. Obat itu ada dalam diri kita.
Obat hati itu ada 5 :
baca Al Qur an dan maknanya,
sholat malam dirikanlah,
berkumpullah dengan orang sholeh,
perbanyaklah berpuasa,
dan dzikir malam perpanjanglah.

Sepertinya sudah saatnya saya mencari energi baru tuk bisa mencemerlangkan pikiran, tuk bisa membuat otakku bisa diajak perfikir sedikit. Saya butuh energi yang bisa membuatku tersenyum lepas, membuatku tentram, nyaman. Rabb Yang Maha Mendengar, aku rindu untuk selalu dan setiap saat mengadu, bercerita denganMu. Aku rindu suara kumandang Adzan Mu, aku rindu suasana di balai surauMu, merindukan semua itu. Kerinduan yang mendalam setelah sekian lama terhempas ke negeri hayalan.

Gak banyak cerita, semuanya biasa saja, normal-normal saja. Guyonan, canda tawa, senyum anak-anak, jerit tangis anak anak, ocehan-ocehan ringan yang keluar dari lelaki kecilku, teriakan-teriakan kecil dari putri sulungku saat rambutnya ditarik adiknya, ejekan-ejekan ringan dari dan untuk anak-anak dan suamiku sebagai obat semuanya. Semua jadi indah, begitu sempurna, mereka Engkau hadiahkan kepadaku. Panjangkan umurnya, berilah nikmat kesehatan padanya, jauhkan dan jaga mereka dari marabahaya dan bencana, sayangi mereka sepanjang waktu. Ya Robb, ijinkan kami tuk menjaga dan mendidik anak-anak kami hingga dewasa, ijinkan tuk selalu menikmati kebersamaan ini selamanya.

Beberapa waktu, dapat kejutan dari suami, seikat kembang mawar. Ya seikat kembang yang sangat istimewa buatku. Tepat diusia pernikahan kami yang sudah sewindu terlewati. Tak ada yang menonjol dari semua itu, setiap hari hanya sujud syukur dan doa selalu kami panjatkan untuk keluarga kami. Malam hari kami mengadakan syukuran kecil-kecilan, karena masaknya juga kecil2, maklum si kecilpun seharian tidak bisa diajak kompromi, maunya minta ditemenin bermain terus. Alhamdulillah semua bisa teratasi, walaupun dengan sedikit jeritan-jeritan. Ya, cuma sepotong tumpeng kuning, seekor ayam panggang, sepotong tiramisu dan segelas es buah. Malam itu hujan deras, tak henti-nya. Turut berbagi kebahagiaan bersama kami, Ohta san, Nakano San, Otsubo san ( temen2 deket keluarga kami), pasangan singkong san (pengantin baru) Anton dan Ima, Dhani dan juga Isti. Mudah2an kebahagiaan selalu Engkau curahkan kepada kami. AMin.

Jum'at pagi, ada sedikit jiko (kecelakaan) di rumah. Sesaat sebelum berangkat ke sekolah, Safa berputar-putar dan secara gak sengaja jatuh dan langsung menindih adiknya, untungnya kena pundak saja, bukan seluruh tubuuhnya. Namun, dasar anak kecil tangispun terus pecah, dan tak terhindarkan keduanya pasti nangis berjamaah. Walaupun sudah minta maaf sama adiknya, Safa sepertinya merasa bersalah banget, hingga berkali-kali minta maaf dan mencium tangan adiknya berkali-kali.
Akachan... gomen nee... Onechan nee.. hontouni gomen nasai... sumimasen deshita nee... odaijini...muah2.... (adik maaf ya, kakak bener2 minta maaf, mint maaf ya... cepat sembuh).

Sesaat pulang dari sekolah begitu ketakutan dan rasa bersalah pada diri Safa saat mengetahui badan adiknya sedikit panas. Berkali-kali Safa mengingatkanku tuk mengajak Rafif ke dokter. Ini adalah kali pertama Rafif panas, suhu tubuhnya saat itu 38,8 derajat C. Sempat khawatir, takut ada apa-apa. Dasar anak kecil, sakitpun tingkahnya tetep, blas gak mau diem. Sore itu kami bawa Rafif ke klinik deket rumah, alhamdulillah gak kenapa2, katanya gejala kaze (pilek) saja. Mungkin ini juga termasuk korban, imbas dari perasaan seorang ibu menyusui, langsung kontak gitu kali ya... jadi suasana hati mesthi seneng terus nih.... Alhamdulillah esok harinya semua dah kembali normal, cukup 3 kali minum obat, gejala kaze dah hilang, sudah gak demam dan alhamdulillah sekarang dah makin lincah. Dah bisa merangkak sedikit2, bukan mundur lagi, plus tambah kosakatanya..apaapapapapapaa. Atau mungkin panas Rafif disebabkan akan bertambah pinternya ya...(mitos....kata orang jawa).

Saat tergolek panas, lemes .. tapi tetep pasang aksi saat di foto.

Alhamdulillah, suasana hati telah kembali ceria, kemaren dah bisa menyajikan persembahan kue kesayangan suami. Kami biasa menyebut dengan kue Spiku, ya itu sebutan kue di daerah kami (kalau di milis2 terkenal dengan kue lapis surabaya, gak ngerti.. apa karena asalnya dari surabaya ya... ah, gak penting...) . Lega, melihat keceriaan suami dan Safa saat menyantap hidangan ini. Terlihat jelas di mata mereka, seperti kerinduan yang terobati. Love u forever

Spiku rasa cinta, dibuatnya dengan bumbu cinta dan tulus

Teksturnya yang lembut, membuat lidah ini tak berhenti menyantapnya. Mau ? Silahkan mengintip dan menikmati foto2nya... di sini.

Wassalamu alaikum wr wb.

Thursday, June 05, 2008

Kemanakah diriku selama ini ...?

Bismillahirokhmanirrokhim

Dengan menyebut Asma ALLAH Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Demi masa

Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian

Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh dan berwasiat (nasehat menasehati) dengan kebenaran dan berwasiat dengan kesabaran.

Surat Al-'Ashr 1-3

Hamba selalu dan terus berharap dan memohon, termasuk kedalam golongan orang2 yang Engkau pilih....
Namun hamba hanya lah manusia dhoif yang tak lebih dari hamba yang hina...
Ya Allah .....kemana lagi hamba mengadu, hanyalah kepadaMu lah semua kuserahkan...
Mudah2an bisa menjadikan pelipur lara dan menemukan kembali hatiku yang lagi hilang entah kemana...

Yang 2 hari ini lagi suntuk berat