Anugerah Terindah

Sunday, April 27, 2008

Bento

Bismillahhirrohmanirrokhim

Bento atau o bento atau kita biasa menyebutnya sebagai bekal makanan yang biasa kita bawa ke kantor/tempat kerja atau ke sekolah. Disini merupakan hal yang umum atau sudah tradisi dan sepertinya hampir dilakukan semua orang. Bagi saya sendiri, hampir setiap hari menyiapkan bento untuk suami ngampus. Selain dijamin halal, kebersihannya juga terjamin. Dan juga ngirit waktu, praktis dan juga tentunya ngirit isi kantong, daripada terus menerus jajan/makan di luar. Biasa saya bawa bento sederhana tuk suami, yang singkat bikinnya dan juga murah meriah, main rebus saja dan tinggal nyiram dengan dressing atau kadang kadang pake sambel pecel. Saking seringnya gak kepikiran tuk mengabadikannya, eh kemaren gara2 Safa bawa obento tiba2 saja niat ngambil kamera, yo wis. Ini sebagian dari bento sederhana yang biasa dibawa suami.
Bento model susi, sekilas bentuknya kaya lemper, nasi diberi vinegar, dalamnya bisa diisi telur dadar, timun, abon ayam, furikake, atau ikan salmon goreng. Kemudian digulingkan/diberi taburan nori, katsuobushi, wijen dan lainnya, tergantung selera.



Bento suami yang lainnya, sayur rebus plus gorengan

Lain halnya dengan Safa, yang dapat maem siang di sekolah, tentunya dengan daftar menu larangan yang bermacam2. Untung pihak sekolah gak keberatan, karena di sekolah Safa ada 8 anak Indonesia dan muslim disitu. Biasanya Safa membawa obento tiap sebulan sekali. Dan setiap kali bawa obento Safa antusias banget dengan sederet menu pesanan yang dia buat. Juga pesen bentonya dibuat cantik ya mah, tomodachi no obento kirei, Safa chan no obento kireijanai... (bentonya teman2 bagus bentuknya, bentonya Safa jelek... duh anakku mulai protes terus nih... jadi malu juga, ketahuan kalau mamanya gak kreatif bikin bento) hiks hiks hiks...jadi sedih... OK lah Safa mulai sekarang aku akan belajar bikin bento... ehehhehe.... mudah2an selalu ada ide lain.
Jumat kemaren giliran bawa o bento ke hoikuennya dan sehari sebelumnya selalu reques apa2 yang akan dibawa. Menu pesanan Safapun sederhana, mudah bikinnya, praktis dan gak neko-neko. Nah biar maemnya tambah semangat nasinya aku bikin kepal2 gitu, terus kutaburi dengan nori, keju, aka siro furikake (taburan warna merah putih) terbuat dari jenis tumbuh2an. Lengkap dengan sayur rebusnya dan juga ichigo kesayangannya, hehehehe mumpung masih musim.

Bentonya Safa jum at lalu

Selesai dimasukkan dalam kotak bento, lalu dibungkus pake kain, nama pembungkusnya lupa namanya, cuma aku biasa sebut shikaku nuno (kain segiempat) alias serbet ukuran besar. Kemudian dimasukkan ke dalam tas obentonya. Lengkap dengan minumnya yang dimasukkan dalam suito (tempat minum).

Bento dibungkus dengan kain segiempatnya

Sepulang sekolah Alhamdulillah semua isi obento Safa habis dan yang tersisa tinggal 1 ichigo saja (gara -gara jatuh, jadi gak dimaem). Beginilah kebiasaan Safa kalau pas bawa bento, selalu habis dan seneng banget. Mudah2an tradisi bawa bento bisa diteruskan kalau kita dah pulang ke Indonesia. Kalau itu mah tergantung niat dan kemauannya bu...

Alhamdulillah

Monday, April 21, 2008

4 Bulan Sudah

Bismillahirrahmannirrokhim....

Alhamdulillah hari ini jagoan kecilku genap berusia 4 bulan. Semakin banyak perkembangannya. Berat badan 7,275 kilogram, tinggi 64.5 cm dan semakin gondrong. Angkat kepala sendiri sudah kenceng. Sudah bisa tengkurab sendiri. Pertama tengkurap sendiri pas umur 2.5 bulan, cuma 3 kali saja, setelah itu blas gak mau. Dan seminggu belakangan sudah mulai tengkurab sendiri lagi. Dan disaat tengkurab dah mulai bisa menggeser posisi tubuhnya dan juga sudah sedikit maju selangkah. Kalau di gendong sudah gak mau posisi sedikit bobok, maunya posisi duduk dan lama2 kakinya dipanjat2kan hingga dia berdiri sendiri. Tendangannya semakin kenceng dan kuat. Semakin sering frekuensi teriak2, tertawa sudah bisa ngakak. Sudah gak bisa ditinggal sendiri, harus diajak ngobrol atau mainan terus, secara Rafif sekarang sudah bisa melihat. Kalau gak ada orang didekatnya secara spontan pasti langsung teriak dan kalau gak segera dihampiri pecahlah tangisnya yang kenceng. Sudah sering menyebut mamamamaamama ... Sudah bisa diajak becanda2, ci luk baa. Juga seneng banget sama acara anak2 di TV jam 8 dan 4 sore, wan wan ... minna genki. Dimana banyak anak2 usia 1 tahun - 5 tahunan bermain, bernyanyi, inai inai ba.... Duduk di kursi, nonton tv, teriak2, sambil ngangkat2 kepala.



Sering ngelihatin orang yang sedang maem, tuh foto diatas dah bisa ngelirik terang bulan. Begitu terang bulan dideketin, senyum2 plus lihat terus. Rafif... maaf ya nak... sabar... belum waktunya.
O, iya yang mau dan seneng terang bulan buka resepnya disini ya...



Saat duduk di kursinya itu, Rafif sudah mulai mengangkat tubuhnya, sudah seperti mau duduk sendiri.

Alhamdulillah semua normal dan hingga kini masih tetep ASI saja. Sehat selalu ya nak. We love you...



Postingan kali ini edisi khusus pesanan eyangnya Safa dan Rafif di Kediri, yang segera ingin melihat cucunya. Sampun yang ti, mudah2an terobati.

SELAMAT HARI KARTINI kepada kartini2 Indonesia dimanapun berada.
Semoga kaum wanita Indonesia bisa menjalankan tugasnya sebagai ibu, sebagai istri, sebagai pondasi keluarga, agama dan negara, yang selalu mengarah kepada kebaikan dan kemajuan.
Semoga kita tidak terbuai akan kata-kata persamaan gender, padahal fitrah sebagai wanita itu sangatlah mulia, jika kita menyadarinya.

Alhamdulillah...

Thursday, April 17, 2008

Safa dan Ichigo

Bismillah...

Sudah 2 hari ini Saga diguyur hujan. Walaupun gak deras tetep saja dingin, karena diiringi semilir angin yang cukup kencang. Yang membuat sakura yang indah berguguran dan mulai berubah tumbuh menjadi daun. Cuaca yang sedikit dingin membuat gadis kecilku berubah. Kemaren dan hari ini Safa lagi males banget tuk pergi sekolah. Bapaknya bilang yo wis kalo lg gak mau ya gak usah dipaksakan, mungkin lagi bosen dgn suasana sekolah atau lagi kepingin deket sama ibu dan adiknya. yo wis... akhirnya 2 hari ini full bermain sama anak2, kita ngeruntel bertiga. Lumayan emang kalo si kakak ada di rumah, walhasil adiknya pun susah banget tidurnya, baru mo bobok, dicium kakaknya, bobo lagi ... di peluk2... pokoknya ada saja maunya safa adiknya di ciluk baa terus, main bersama terus, gak boleh bobok. Kemaren Safa juga buanyak banget maemnya, kue, buah habis buanyak. terus susu juga banyak dan itupun artinya berkali2 ke toire. alhamdulillah, Safa sepertinya menikmati hari2nya dirumah bersama adiknya.

Sore hari, suami bayar sewa rumah bulanan. Pulangnya dapat ichigo (strawberry) dari oyasan (pemilik rumah). Alhamdulillah, rejeki lagi. Safa sueneng banget, begitupun ibu dan bapaknya heheheee... Secara Safa tuh ichigoholic banget. Sekali santap semalam langsung habis 1 pak, berisi 14 biji. Kemaruk ya... ..., karna ichigo emang kesukaan nya. Selain dimaem begitu saja, dijus dan juga dimaem ala choklat fondue ...ehm yummi banget....
Kalo keluar belanja2 gitu yang diminta cuma ichigo sama mochi. yo wajarlah kalo dapat ichigo gratisan langsung lahab. yo wis lah namanya juga anak2, melihat ichigo yang gede2 gitu. Kayaknya ini satu hal yang paling dikangeni kalo nanti kita dah balik ke Surabaya. Strawberry yang ada gak segede disini.

Sementara bapak ibunya maemnya baru habis 1 pak, Safa 1 pak dah lenyap dan itupun masih nyerobot segelas jus ichigo papa. Rafifnya cuma teriak2 dan cuma bisa melet melet...serasa mau maem,, eh eh hu huu huuu... eh.... sepertinya dia pingin banget. Maaf ya dik, masih belum boleh....nanti saja ya maemnya dari ASI mama, ASI rasa ichigo.

Hari ini Safa masih tetep gak mau sekolah, mau main sama adik katanya... yo wis. nemenin Safa main dulu yaaa

Alhamdulillah,...

Wednesday, April 09, 2008

Gado Gado 2

Melanjutkan yang kemaren, jadwal yang ternyata padat, namun santai dan menikmati. Yang penting anak-anak seneng. Ada pemeriksaan rutin buat Safa di Hohoemikan (mungkin kalau di Indonesia semacam balai kesehatan ibu dan anak kali ya...), setelah pemeriksaaan kesehatan rutin yang diadakan saat umur 1.5 tahun, 2 tahun. Semuanya gratis, dan pelayanan dilaksanakan oleh petugas kesehatan, beberapa perawat dan beberapa dokter anak. Saat baru datang, kita serahkan bosho techo (semacam KMS/Kartu Menuju Sehat), lalu Safa disuruh pipis, tes urin, terus Safa ditanyai petugas tentang nama, umur, jenis kelamin, sekolah dimana, warna, gambar yang semuanya dijawab Safa dengan baik dan benar. Good good...anak pinter... lha iyo lah anak sendiri kok... hehehhee...
Terus ditimbang, diukur tinggi badan, di tes pendengarannya lagi, diperiksa giginya, mana yang bersih mana yang kena banyak caries, terus gigi dibersihkan sama petugas. Semua diperlakukan sama. Lalu anak-anak bermain, menunggu giliran dipanggil tuk mendengarkan kesimpulan dari pemeriksaan tadi. Disitu kita juga di terangkan mengenai pemberian makanan yang seimbang, asupan gizi yang cukup dan macam2nya. Juga boleh konsultasi kesehatan lho...

Terus selama liburan Safa juga kami ajak bermain ke berbagai tempat, diantaranya ke Sinrin koen (taman Sinrin). Disana banyak sekali arena permainan yang disediakan, komplet deh. Safa tampak menikmati banget semua permainan yang ada. Seperangkat peralatan perangpun telah kami siapkan, diantaranya o bento (bekal makan), minuman, kue dan tak lupa tikar. Sakura masih belum mekar, baru calon bunga tampak kemerahan.

Tanggal 22 Maret acara wisuda suami, dilaksanakan di gedung sebelah Bunka Kaikan (namanya lupa). Yang jelas acara wisuda disini gak seru banget, ... keluarga cuma bisa diperbolehkan nonton lewat layar tanjap..eh kayak bioskop gitu dan tempatnya terpisah dengan wisudawan. Lain banget... suasananya dr di Indonesia. ramee...seru jadi satu gedung, bisa nonton secara live... palagi kalu di indonesa di gedung Serba gunanya ITS yang super gedee... kita bisa melihat secara langsung acaranya. Disini yang maju... salaman ma rektor...juga cuma perwakilan tiap fakultas, diambil yang terbaik saja. Jadi acara singkat banget. Serasa biasa banget. Pokoknya di negeri sendiri tetap paling TOP deh.... untuk acara wisudaan gini. Bersamaan dengan suami juga om Agung selesai masternya dan mulai awal April dah kerja di Perusahaan Sony, Tokyo. Selamat ya om, sukses kedepannya dan segera menggenapkan 1/2 din yang lain ya... O, iya satu yang sama wisudawan kebanyakan pake Kimono dan jas.


Suasana di teater saat melihat prosesi acara berlangsung, sebelum pulang sempatin foto di tangga, habis mau foto yang di dalam ruangan dah dibongkar semua... yo wis lah...

Farewell Party untuk Ohta san


Mulai April Ohta san kepala bagian riugakusei (mahasiswa asing) pensiun. Para mahasiswa asing bikin kejutan pesta. Berbagai makanan disajikan dari berbagai negara, diantaranya Indonesia, Malaysia, Pakistan, Palestina, Iran, Kanada, Bangladesh, Nepal, Cina, Korea, Vietnam, Sri langka, Nigeria, Mesir dan lainnya. Juga berbagai atraksi ditampilkan. Indonesia sendiri mempersembahkan nasi tumpeng kuning made in mak nya Safa, Film dokumenter perjalanan Ohta san dari muda hingga pensiun oleh bapaknya Safa, tarian oleh pelajar muda Indonesia (Dhani, Subhan, Warsidi, Isti, Om Anton, Isti, Rahmat) pamflet dibikin brother Sami (palestina), ketua panitia Isti.Ohta san sangat terharu, sampe berkali kali nangis.


Dilanjutkan ke Syakusho (kantor pemerintahan kota) untuk urus hoken (asuransi) buat kami. Karena tanpa hoken tak kan kuat membayar biaya2 disini, khususnya biaya kesehatan yang sebenarnya mahalnya ampun2. Juga asuransi kendaraan, surat keterangan tidak berpenghasilan, karena cuma penerima beasiswa saja. Sekalian mau coba2 daftar danchi (perumahan/apartemen milik Pemkot), namun sayang belum beruntung. Di danchi biaya lebih murah daripada tinggal di apartemen pada umumnya.

5 April Nyuen shiki atau semacam acara penerimaan murid baru gitu, di sekolah Safa, Jounan Hoikuen. Tahun ini Safa naik ke Sakura gumi. Selamat tinggal himawari gumi.... ada 2 teman baru Safa seneng banget. Sudah mulai pake seragam resmi nih... pake rok sama jas, bawa tas dah persis kayak salaryman saja. Kalau tahun kemaren masih pake baju bermain. jadi dari pagi Safa dah antusias banget, pake minta di kuncir 2 lagi... Gak terasa anak2 dah mulai gedhe, dah mulai ngatur gaya segala.
Bergaya sebelum berangkat dengan seragam baru .



Safa Tiara Nasuha, diantara teman temannya




Semua murid dikumpulkan di ruangan besar, sambutan dari kepsek, pembagian guru di kelasnya, nyanyi2 dan lagunya kayaknya sama dengan tahun2 kemaren, Saita (Lagu yang menggambarkan bunga mulai bermekaran), Aruko (soundtracknya Totoro), Sensei to o tomodachi (guru dan teman) dan lagu mars nya Jounan Hoikuen. Baru di bawa ke kelas masing-masing. Di beri penjelasan ini ... itu.


Buka bento dari sekolah bareng dengan Aui chan sahabatnya


Para sensei

Bersama Takaoka sensei dan Tagumi sensei

Kamis minggu lalu, kita sekeluarga plus Isti, Dhani, tante Diana pergi ke Kin Riu Park. Sekali-kali refresing di taman yang letaknya di pegunungan. Lumayan bagus tempatnya, sakura dah mulai mekar. Safa kupakaikan kimono, narsis dikit boleh donk...gaya pake kimono dengan latar belakang sakura. Iya...mumpung disini... kapan lagi...mumpung ada kesempatan.



Hanamian di Koen depan Saga Castle.

Saat ini Saga dipenuhi dengan sakura. Semua sudah bermekaran dimana2. Saga putih oleh sakura, di sepanjang jalan, di pinggir sungai dan di taman-taman.

Kado

Mbak Shinta, Tsukuba makasih tuk kadonya, saya terima dengan senang hati. Kadonya cantik banget.
Nah, serangakain perjalanan di bulan Maret yang ribet suroribet...karena banyaknya urusan plus kondangan2 telah berakhir. Kita sambut tahun ajaran baru di bulan April ini dengan penuh semangat. Biar fresh semuanya...hati, pikiran, cuaca dan semuanya...

Rafif bangun bu, bentar ya...

Monday, April 07, 2008

Gado gado

Assalamu alaikum semuanya...
saya balik lagi nih...setelah penuh jadwal syuting kemana mana...(wleh syuting apaan tuh...emang artis kali yeee). Habis mulai dari memasuki bulan Maret hingga puncaknya acara minggu kemaren buanyak banget acara.
Dari mulai adanya syukuran2 yang lulus, yang mau pulang, yang makan siang, yang ulang tahun lah, yang pindahan rumah, yang baru datang, yang pengajian bulanan, yang hanamian duh pokoknya tiap minggu keliling nih makan diluar. Belum lagi jadwal periksa rutin Safa di Hohoemikan (semacam balai kesehatan gitu), imunisasi nya Rafif, banyak traktriran dari teman2 yang mau pulang ke Indonesia, yang juga habis ada tamu di rumah (orang indonesia yang kebetulan lagi ikut ujian masuk di daigaku ). Wis wis wis...pokoke bener2 full ...

Selain itu juga barusan Safa libur dalam rangka Haru yasumi (liburan musim semi) 10 hari lagi... duh bener2 top markotop plus gak bisa berkutik sama sekali. Masih takut saja ninggalin mereka berdua. Secara sekarang si kecil dah mulai tengkurab, ngocehnya dah gak mau berhenti berhenti, tuh kalau gak ada orang di dekatnya mulai teriak teriak, maunya di didudukkan lama2,.

Dan juga acara2 yang dibikin bikin sibuk gitu...mumpung suami masih longgar, soalnya awal perkuliahan baru minggu depan. Jadi tiap hari juga muter..gak jelas kemana tujuannya. Mulai dari Hanamian di berbagai macam tempatlah, acara pemotretan Safa pake kimono dengan latar belakang sakura lah (weleh kayak artis wae....), sekedar jalan saja, belanja belinji yang kadang gak penting lah, cek harga pasokon (komputer) lah... hidup PC Depot...hidup Yamada denki...hidup Best to denki...hidup kitamura foto... duh secara suamiku tuh boros banget tuh untuk urusan aksesoris dan konco2 nya pasokon tuh. Sabar2 ..berusaha menghibur diri sendiri. Gusti Allah paringi sabar...

Gambar bercerita.




Kondangan ultah teman dari Bangladesh, Najifa putri dari Hasnu san dan brother Kan, Sudipto putra dari Baniq san. Plus menu makanan istimewanya. Nasi pulau, ayam masala, acar, kare kambing yang disajikan dalam satu piring gedhe, terus waktu makanan dah habis dimakan, ditambah lagi.... wuih wuih wuih...sempat syok juga liatnya.... Ehm...sampe gak bisa berdiri...secara aku makannya gak buanyakkk gitu..mau gak dihabiskan juga gak enak sama yang ngundang, secara mereka semua makannya pada habis.



Dilanjutkan memenuhi janji pada Safa untuk nemenin nonton boneka hinamatsuri. Untuk lebih detail silahkan klik disini, disana seperti tahun2 sebelumnya. Yo wis lah dan kebetulan di Saga castle juga ada acara pake kimono gratis buat anak2, sama juga seperti tahun lalu. Sekalian numpang. ehhee... padahal tahun lalu juga sudah foto. Yo wis lah gak papa...tiap taun ikut juga gpp, mumpung gratis dan juga mumpung masih disini.



26 Maret merupakan imunisasi pertama Rafif di Hohoemikan. Baru imunisasi BCG. Lucu banget melihat teman2 seangkatan Rafif, pipinya pada merah2. bersambung.... Safa nya rewel...